Untuk Ibu yang Jauh Di Dewata

ibu

Ibu gak pernah memaksakan kehendak. Selalu ngalah sama anak-anaknya ini. Ibu gak pernah nuntut Kakak dan Adek untuk jadi apa yang Ibu mau.ย Anak-anak Ibu ini boleh jadi apa aja…

Hari ini mendadak semua yang berIbu mengunggah fotonya bersama Ibu di social media. Sejuk rasanya, semua berlomba menunjukkan cintanya untuk Ibu. Saya gak mau kalah ๐Ÿ™‚ Saya mau tulis surat untuk Ibu. Mungkin ini tulisan pertama saya untuk Ibu (sepanjang saya hidup).

Untuk Ibu yang jauh di Dewata…
Kalau Adek bisa bikin lagu buat Ibu, kakak cuma bisa nulis ini buat Ibu. Sebenernya cuma mau bilang. Kakak sayaaaanggg banget sama Ibu. Biarpun kakak sering ngelawan, ngeyel, malah sering banget jadi ngeguruin ibu. Tapi maksud kakak cuma ngasih pendapat aja koq. Maklumlah anak Ibu ini emang doyan ngomong.

Bu, kakak minta maaf yah belum bisa jadi anak perempuan yang baik. Belum bisa rapih dan teratur. Kakak juga sering ngilangin barang-barang Ibu (abis lucu-lucu sih buat kakak pake, ehtapi gak bisa tanggung jawab ngejaganya,hehe) Maafin kakak yah bu, sering ngeyel kalau dinasihatin. Maklumlah, udah beranjak gede, jadi berasa paling benar segalanya. Padahal mah akhirnya sering nyesel gak nurutin saran Ibu.

Mulai kelas 3 SD kakak udah diajarin mandiri, gak tinggal satu atap sama Ibu, Ayah, dan Adek. Dulu, mikirnya Ibu gak sayang sama kakak. Apalagi wajah kakak yang paling jelek sendiri, jadi bikin kakak mikir, “gue anak pungut kali yah” hahhaha. Beranjak besar kakak baru ngerti, itu semua untuk kebaikan kita bersama, dan ternyata kakak gak rugi, karena belajar mandiri sejak dini.

Meskipun akhirnya ย kita bisa tinggal bersama lagi. Tapi ternyata gak semudah yang kakak bayangin. Akhirnya kita pisah lagi, bahkan Ibu sama Ayah berpisah secara Agamaย dan negara. Dulu mikirnya, abis ini nasib Kakak gimana yah, kakak masih bisa sekolah sampe kuliah gak yah.

Tenryata Ibu bisa menjawab semua itu. Di antara semua keluarga mungkin kakak satu-satunya yang tegasย melihat Ibu susah payah cari uang untuk biaya sekolah kakak dan adek. Dulu mikirnya Ibu cuma sayang sama adek, karena kakak terus yang sering dimarahin. Sekarang saat kakak udah kerja dan tahu susahnya nyari uang. Kakak ngerti, kalau Ibu teramat sayang sama kedua anaknya yang bandel-bandel ini. Sampai kalau ditanya “Ibu gak mau nikah lagi?” jawaban Ibu begini “Udahlah, Ibu cari uang aja buat kakak sama adek”.

Ibu, kakak bangga banget punya Ibu yang bisa struggle hidup jauh dari keluarga. Ibu gak seperti Ibu-Ibu lain yang mencari-cari kelebihan anaknya untuk dipamerkan. Ibu gak pernah menyangkal kalau anaknya ini memang nakal dan susah dibilangin. Ibu gak pernah menutupi keburukan anaknya, membiarkan kakak dan adek menanggung sendiri apa yang diperbuat, baik atau buruk.

Lebih bangga lagi, Ibu gak pernah memaksakan kehendak. Selalu ngalah sama anak-anaknya ini. Ibu gak pernah nuntut Kakak dan Adek untuk jadi apa yang Ibu mau. Semua pilihan diserahkan ke Kakak dan Adek. Anak-anak Ibu ini boleh jadi apa aja, yang penting bisa bahagia dan sukses.

Semua itu gak cukup kalau kakak cuma bilang makasih, bahkan gak cukup dengan tulisan kakak ini. Tapi kakak berdoa untuk Ibu, semoga selalu diberikan kebahagiaan dan apapun yang Ibu ingini bisa tercapai.

Bu, kakak kan jauh. Gak bisa jagain Ibu, gak bisa anter-anter Ibu, gak bisa setiap hari liat Ibu. Bahkan gak setiap hari juga kita berkabar. Ibu, jaga diri baik-baik yah di Bali, gak usah setres-setres sama kerjaan, yang penting Ibu seneng. Kakak sama Adek di sini, selalu berusaha jaga diri dari apapun terutama dari perbuatan nakal.haha

Terimakasih yah bu, semua Doa Ibu pasti didengar Allah, meskipun terkabulnya pelan-pelan. Doa Ibu itu kakak yakin paling ampuh sejagat, apalagi kalau kakak bandel :D. Jadi terus doakan anak-anak Ibu ini yah, agar selalu di jalan yang benar dan bisa membuat bangga Ibu Verawati yang cantik jelitaย :*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s