Seperti Asta

friends-forever-eggs-funny-faces-graphic

“Seperti ini seharusnya saya berteman, bersahabat, dan berkeluarga. Konfirmatif, meskipun butuh effort.”


“Cuma ingat dinda yang kemarin, dinda yang sekarang semakin tidak kenal. You just want to be another person, you never listen to us anymore, thanks for being that person.” Begitu kecewanya seorang sahabat atas sikap saya belakangan ini. Sebegitunya saya selalu mendengarkan dan menuruti perkataan orang-orang di sekeliling. Sampai suatu ketika saya mencoba menutup telinga bahkan mata, bertindak dan mengambil keputusan sendiri. Banyak dari teman, keluarga, bahkan Ibu saya sendiri heboh. Merasa ini bukan dinda, bukan seperti ini dinda bertindak.

Saya sendiri tidak dalam kondisi yang baik untuk mengkonfirmasi segala sesuatunya. Diam lalu membiarkan teman-teman dan keluarga berasumsi, menyalahkan, atau mentertawakan. Itu jalan terbaik menurut saya (kemarin).

Lalu kemudian malam ini Asta (begitu nama populernya), secara tidak sadar menggedor keegoisan saya. Berkali-kali di dalam diskusi Asta mengkonfirmasi berbagai hal yang dilontarkan, dan menurut saya itu gak perlu (terlebih dengan kondisi saya saat ini). Alasannya sederhana, cuma gak ingin aja ada salah paham atau dikira bohong. Sebegitunya Asta menjaga agar gak ada kesalahpahaman antar teman.

Nah saya ini apa? Jangankan dengan teman, kepada sahabat atau keluarga aja saya memilih diam. Saya ini siapa memangnya? Sudah setangguh apa sampai harus membangun dinding dan menutup rapat-rapat telinga, mata bahkan hati kecil sendiri?

Pintu yang ditutup sangat rapat ini kemudian secara tidak sadar dibuka oleh kesederhanaan pemikiran Asta, yang cuma gak ingin orang lain salah paham.

Seperti ini seharusnya saya berteman, bersahabat, dan berkeluarga. Konfirmatif, meskipun butuh effort.

Gengsi dan ego sering kali malah menjauhkan saya dari hal-hal sederhana, seperti Asta. :p

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s