“Kayaknya kamu bipolar” menutup kalah dan menang

image

“Menang Kalah” mindset yang begitu saja terbentuk di kepala. Berkat nasib-nasib yang sering kali menempatkan saya di posisi kalah, titik Nol, pecundang atau sejenisnya. Hingga kemudian selalu ada ego yang berdengung untuk membalik nasib-nasib itu. From zero to hero, menjadi menang, benar, dan seolah saya ini manusia paling bijak karena mampu membalik keadaan.

Proses yang saya telan tidak semudah meludah di atas aspal atau di depan wajah seseorang. Melawan rasa takut untuk memulai sesuatu yang bahkan belum pernah saya tahu. Menebalkan gendang telinga untuk banyak mendengar dari yang sederhana hingga serumit fitnah.

5 tahun ke belakang menjadi tahun-tahun pembuktian. Soal isi kepala, prestasi, pertemanan, status sosial, pilihan hidup, dan banyak hal lainnya yang berubah berkat dendam karena dikalahkan.

Saya menjadi selalu menang dan tangguh atau justru menjadi terlalu keras untuk setiap tantangan. Sabar dan “yaudah lah” membawa saya pada kantung-kantung pertemanan yang lebih baik dan banyak.

Saat ini,
Sabar dan tangguh saya seketika hilang saat ada “kucing liar” memanfaatkan keadaan hingga seseorang (yang bukan ahli kejiwaan) sampai harus mengatakan “kayaknya kamu bipolar”.

Tapi, apa harus saya lagi-lagi menjadi kalah, kemudian membuktikan untuk menang?

Saya rasa, 5 tahun cukup untuk menjadi arena pertandingan. Kali ini bukan lagi soal kalah dan menang. Saya sudah sampai di ronde terakhir bertanding dengan egoisme atas kekalahan. Rasanya, sudah bukan waktunya lagi menjadikan rasa marah sebagai energi untuk mencapai pembuktian lalu menang.

Kalau saya pernah tidak naik kelas di sekolah, lalu mencapai pembuktian untuk menang.

Kali ini saya naik kelas dan menjadi tenang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s