Pondasi terbaik di YA & YLF 2016

WhatsApp Image 2016-08-29 at 14.47.36

Pagi ini sebuah ucapan terima kasih datang dari Ozil di WhatsApp Group Tim Inti Youth Adventure. Ucapannya sederhana:

Terimakasih untuk semua tenaga dan pikiran selama persiapan hingga pelaksanaan YA… Jaga kesehatan karena masih ada YLF…
#janganlupabahagia

Tentunya, persiapan dan pelaksanaan kegiatan ini tidak sesingkat ucapan terima kasih yang Ozil sampaikan. Banyak hal rumit dan pelik menjadi tantangan bagi masing-masing dari kami yang mengemban tugas. Terlalu banyak dinamika yang terjadi mulai dari penggantian susunan pengurus (padahal SK sudah dikeluarkan), 3 kali kami mengganti Pucuk kordinasi, 3 kali pula kami merotasi tugas yang lebih sesuai dengan keahlian.

Saya sendiri mulai dari PIC Roadshow, berganti menjadi PIC Publikasi, dan sekarang mengurus Kepesertaan. Semua dilakukan berdasarkan urgensi dan kebutuhan.

Berdebat hingga tengah malam, left group WhatsApp karena pendapat tak didengar, mencari pembenaran atas asumsi, tidak saling tegur sapa karena perdebatan di malam sebelumnya tidak bertemu pada titik tengah, merasa berjuang sendiri karena yang lain sibuk mengurus homestay program, dapat email panjang yang berisi teguran karena melewati deadline, saling back-up saat website tidak bisa diakses. Semua itu terjadi saat proses pendaftaran dibuka, di mana kami menargetkan akan menjaring 2000 ribu pendaftar.

Beban pendaftaran selesai, dimulailah untuk menyeleksi berkas para peserta. Mendekati deadline pengumpulan hasil seleksi berkas, seseorang menghubungi saya, datang dengan air mata dan segudang rasa kecewa. Tugasnya terpaksa dilimpahkan kepada tim lain yang sudah berpengalaman di tahun sebelumnya. Secara pragmatis harusnya dia bisa senang, karena beban pekerjaannya hilang. Tapi tidak untuk seorang GMBer, tugas menjadi harga diri yang dipertaruhkan dan nyawa yang harus diselamatkan. Bukan karena ultimatum dari board atau para alumni (tidak ada sama sekali), tapi ini soal kepercayaan dan integritas diri.

Berganti tahun, berganti pula proses seleksi nasional. Lebih menarik untuk tahun ini, dengan diadakannya National Camp bagi Calon Pemuka Pemuda Indonesia. Konsepnya menarik dan bonafit, terbukti dari total dana yang kami keluarkan. Anggaran di hadapan mata kami seperti UTOPIA yang jauuuhhh dari realita. Dua minggu sebelum National Camp berlangsung, 3 orang GMBer duduk bersama saya menyusun rencana fundraising. Barisan kalimat terangkum untuk menggugah para board, alumni, dan volunteer mengocek sebagian isi dompetnya. Para GMBer terbaik duduk setiap malam, melupakan skripsi, tanaman, bahkan rumah demi berlangsungnya National Camp.

Sampai akhirnya hari ini, proses Youth Adventure berjalan dan hampir selesai, menunggu kedatangan para peserta di PPPON Cibubur untuk berikutnya mengikuti rangkaian acara Youth Leaders Forum.

Banyak cerita dibalik suksesnya acara ini, banyak tangis dan tawa yang kami investasikan, ratusan pelajaran hidup dan dinamika bekerja dalam tim yang tentunya telah kami dapatkan. Mengeluh menjadi hal murah dan remeh untuk dilakukan. Saat ini yang tersisa di benak saya hanya rasa bangga mengenal seluruh tim (yang ada ataupun tidak di buku acara). Kalian tangguh dan bisa diandalkan.

Ibarat sebuah bangunan tinggi, mungkin puncak atapnya yang selalu terlihat gagah dan tangguh. Sebenarnya ada pondasi-pondasi di bawahnya yang sama kuat dan rela untuk tidak terlalu dilihat, mereka yang justru menjadikan puncaknya tetap terlihat. Ada Sony, Fauzan, Carel, Libas, Mba Tari, Isra, Daddie, Leo, Yaumil, Widia, Oliv, Julian, Naya, Steven, Suci, Rika, Desta. Mereka semua pondasi untuk siapapun yang akhirnya berprestasi di sini.

Singkatnya ucapan terima kasih dari Ozil, membuat saya berusaha untuk mengingat sekecil apapun kontribusi teman-teman di YA & YLF 2016. Menjadi penting bagi saya untuk mendokumentasikan setiap dari kalian yang menjadi pondasi-pondasi terbaik selama satu tahun terakhir ini.

Sampai jumpa di YLF nanti teman-teman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s