Perlu gak ya?

Masih soal media sosial, gue jadi banyak kontemplasi selama (sementara ini) menonaktifkan akun instagram dan facebook, bukan berarti hidup gue jadi damai-damai aja karena masih ada yang namanya “Group Whatsapp”.

Tapi pagi ini selama mandi, yang biasanya otak gue dipakai untuk mengarungi dunia, gue jadi tiba-tiba kepikiran hidup-hidup mereka yang biasanya gue simak di pagi hari melalui insta story. Gue ingat ada yang biasanya upload menu sarapan (seperti apa yang sering juga gue lakukan), tingkah pola anak-anaknnya yang masih TK atau SD tapi harus sekolah dari rumah, sikap-sikap politik atas keresahan sosial yang sedang berlangsung, deklarasi atas keputusan-keputusan baru di dalam hidup, atau yang paling menyenangkan adalah baca isi chat pasutri yang dishare oleh merekanya sendiri.

Semua yang dibagikan tersebut teramat personal, hal-hal yang kalau kita gak pakai media sosial, gue gak akan paham bahwa ada yang hidupnya terancam oleh dirinya sendiri karena ingin bunuh diri, ada yang baru putus sama pacarnya dan udah ketemu calon pacar baru lagi, ada yang menikah di kala pandemi. Ada yang kecelakaan sepeda dan untuk yang satu ini kalau gue lebih cepat sedikit menonaktifkan akun instagram, gue yakin gue gak akan tahu dia kecelakaan.

Karena sudah berbagi di media sosial jadi merasa gak perlu berbagi kabar langsung ke satu-persatu orang, praktis 🙂

Setelah gue merasa kangen untuk mengetahui hidup teman-teman melalui instagram ataupun facebook, gue berpikir lagi soal: perlu gak ya sebenarnya gue tahu soal hidup mereka, kecuali kabar itu diceritakan langsung ke gue yang dalam arti lain gue ini juga penting untuk mereka.

Semacam, penting enggaknya pertemanan kita itu bukan dunia yang harus jadi ukuran tapi seberapa sering kita ingin berbagi kabar satu sama lain.

Tapi sepanjang gue nulis isi kepala di sini, justru yang lebih gue kangenin adalah karya-karya baru dari teman-teman yang bekerja di industri kreatif. Semoga ada platform lain yang bisa gue nikmatin khusus untuk karya teman-teman ya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s